Inilah 4 Pihak Yang Bakal Kena Pasal Hate Speech (Ujaran Kebencian)



Beredarnya Surat Edaran Kapolri Badrodin Haiti soal Hate Speech atau Ujaran Kebencian cukup mendapat sorotan di kalangan netizen. Banyak yang beranggapan bahwa Surat Edaran ini seperti menghidupkan kembali Undang-Undang Subversi di zaman orde baru. Banyak pula yang mengaitkan hal ini dengan ketakutan pemerintah terhadap kritik. Bahkan Presiden SBY eh, mantan Presiden SBY pun ikut berkomentar di akun twitternya dan mengatakan bahwa pemimpin harus siap dikritik bahkan dibully. 



Dalam wawancara dengan TV One beberapa waktu lalu, Kapolri bahkan mengatakan bahwa Hate Speech tak perlu delik aduan. Jadi tanpa ada yang mengadu pun, pihak berwajib bisa mengusut orang-orang yang dianggap melakukan “Hate Speech”
Jika hal ini dilakukan, siapakah yang paling mungkin terkena… ?

Pertama.. Gubernur Jakarta.. You know lah what I mean..

Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih tren dengan panggilan Ahok adalah yang paling mungkin dikenai pasal ini. Apa sebab? Karena dia sering banget melontarkan kata-kata kasar. Bahkan yang terakhir, dalam drama barunya soal kisruh Sampah Bantargebang, yang terhormat Basuki Tjahaja Purnama sempat mengeluarkan statemen melarang orang Bekasi kerja di Jakarta. Apa gak bikin sakit hati orang Bekasi tuh? 

Kedua… Cewek yang Abis Putus Cinta 

Sebut saja namanya Ani, usianya 15 tahun jalan 2 bulan. Siswa sebuah SMK di daerah Jakarta Timur dengan akun facebook ANI YANGCLALUTERSAKITI. Ani kerap kali melakukan hate speech di akun media sosialnya pasca diputusin gebetannya, Rangga.. Jagoan SMK Jurusan Mesin otomotif yang hobinya benerin motor bapaknya. 

“Semua Cowok Bangs*t,” tulis Ani di akun facebooknya. Senin (2/10)
“Semua Cowok di dunia ini belagu,” tulis Ani di akun facebooknya, Selasa (3/10)
“PArah luh semua, Gw bantai ya yang gak like status Gw,” tulis Ani di akun facebooknya, Rabu (4/10)

Bersiaplah Ani. Kamu terlalu banyak bikin hate speech..

Ketiga… Bapak-bapak Naik Motor di Belakang Angkot

Suka naik motor?
Suka di belakang angkot ?
Pernah gak memaki-maki sopir angkot karena jalannya lelet atau sering berhenti mendadak?
“Woi.. Anji*g luh!”
Woi..kasih sen dong kalo mau berhenti! Parah lu bab*!” marah-marah sambil mukul spion angkot.
Nah, kalau anda pernah melakukan hal ini, siap-siaplah berhadapan dengan pasal Hate Speeh. Apalagi kalau kejadian itu diaplod pula di youtube, dipotret dan dimasukan ke instagram atau bikin hastag di twitter #angkotparahlu

Keempat.. Suporter Bola..

Pernah masuk ke grup facebook “Perang Suporter Antar Klub di Dunia, Indonesia dan Sekitarnya” ??? atau yang sejenis? Kalau pernah, disana biasanya ada perang gambar.
Cakepan mana Cewek Viking VS Cewek The Jak (yang dipasang biasanya satu cewek cakep ama yang satunya belum cakep) 

Terus bererot dah ratusan komentar saling caci saling maki. Hate Speech bro! banget.. 

Kalau hal ini terjadi dan benar-benar diterapkan. Itu seratus ribu orang di Stadion GBK yang nanti akan menyaksikan Final Piala Jenderal Sudirman bisa langsung masuk penjara. Kenapa? Pasti mereka banyak melakukan Hate Speech.. Saling maki saling caci, bahkan tak jarang bawa-bawa soal suku. Jadi penjaranya ya udah disitu aja. Langsung ditutup pintunya, terus namanya ditambahin..
Jadi Penjara GBK Senayan..

Inilah 4 Pihak yang mungkin terkena pasal Hate Speech! 

*becanda.. jangan dibawa serius :D

0 Response to "Inilah 4 Pihak Yang Bakal Kena Pasal Hate Speech (Ujaran Kebencian)"

Posting Komentar