Kenapa Orang Jawa Banyak Yang Sukses? Ini 8 Kelebihan Orang Jawa..


Indonesia tercinta ini dikaruniai berbagai macam keunikan. Negara kepulauan yang terletak di Khatulistiwa, antara dua benua dan dua samudera, terbentang dari Aceh hingga Papua dengan berbagai macam suku bangsa yang berbeda.


....Terdiri dari banyak suku bangsa ..Itulah Indonesia...Ada sunda, batak, aceh, padang..Dan juga yang lainnya....

Begitu kira-kira, kata Bang Haji Rhoma Irama dalam salah satu lagunya yang melegenda itu.
Namun, diantara ratusan suku yang ada di Indonesia, suku Jawa adalah yang paling banyak dan mendominasi. Padahal perawakannya tak sekekar orang-orang Timur, perangainya juga tak segarang orang Batak, namun kenapa Jawa lebih sukses??

jawa







Ada beberapa sifat kelebihan yang dimiliki orang Jawa sehingga banyak yang sukses di berbagai bidang. Ini ulasan inpoinsaja, ada 8 sifat orang Jawa yang menjadi kelebihan.. 

1. Senang Merantau


Orang Jawa senang merantau, sifat yang juga dimiliki orang Padang atau Bugis. Orang Jawa tak khawatir jika harus hidup di kampung orang dan lama tidak kembali ke kampungnya. Yang penting sukses.


2. Cepat Beradaptasi


Kelebihan kedua adalah orang Jawa cepat beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal baru. Tidak mudah ada keinginan untuk pulang kampung sebelum cita-cita tercapai.



3. Ulet dan Pekerja Keras


Orangnya Jawa terkenal dengan sifatnya yang ulet dan pekerja keras. Karena dua sifat ini pula, orang Jawa lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

4. Nrimo Alias Tidak Memilih-milih Pekerjaan


Jadi apapun orang Jawa siap. Dari Presiden hingga office boy banyak diisi orang Jawa. Di industri atau pabrik, orang Jawa mendominasi. Di proyek-proyek seperti pembangun perumahan atau jalan juga banyak diisi oleh orang Jawa. tukang makanan apalagi. yang mangkal maupun yang muter-muter komplek.

5. Tidak Pernah Mengeluh dan Tidak Suka Memberontak


Ini juga sikap yang disukai oleh para majikan yang mengerjakan mereka. Para perantau dari Jawa ini jarang mengeluh akan pekerjaannya. Jarang protes apalagi memberontak. Kadang dibayar murah atau gaji ditunda berbulan-bulan masih sabar.  Tapi semua itu ada batasnya jangan sampai mereka terlalu ditindas atau dizolimi. Semut saja jika terpijak akan menggigit.




6. Ramah, Sopan dan Mudah Hidup Berdampingan dengan Siapapun


Pendatang atau perantau dari Jawa jarang yang bermasalah dengan penduduk setempat. Mereka bisa hidup berdampingan dengan damai. Sikap ramah dan sopan santun orang Jawa pantas diacungi jempol. Kebetulan admin inpoinsaja bukan orang Jawa, namun sering berhubungan dengan orang Jawa..hehe...

7. Tidak Ada Gank Orang Jawa


Jika di Jakarta ada Gank Ambon, Gank Papua, Timor, Bugis dan yang lainnya yang sering ribut atau berebut lahan parkir. Ternyata untuk hal yang satu ini sulit ditemukan orang Jawa yang membentuk gank atau lembaga swadaya masyarakat berbaju premanisme.

8. Selalu guyub dan akur dengan sesama perantau


Sesama perantau mereka sangat guyub alias akur. Bahkan mereka mengikrarkan diri menjadi saudara walau tak satu ayah dan ibu. Kadang jika mereka merantau dalam perjalanan yang sama dalam satu kapal, maka mereka mengikat tali persaudaran "sekapal". Dalam pekerjaan dan juga usaha mereka juga jarang terjadi saling iri atau saling menjegal bisnis dan usaha sesama perantau.

Kok Cuma 8 ??? , tambah lagi ah.. 


9. Hemat dan gemar menabung


Sebelum sukses, orang Jawa pantang untuk hidup poya-poya. Biasanya mereka pintar mengatur keuangan, baik laki-laki maupun perempuan. Makan dengan lauk seadanya, tinggal di rumah kontrakan seadanya juga berpenampilan seadanya. Mereka juga biasa menyisihkan uang sebagai cadangan jika terjadi sesuatu. 


10. Sungkan


Jika ada masalah, orang Jawa pintar menyembunyikannya. Tidak frontal seperti orang Sumatera atau Timur yang apa adanya. Misalnya di tempat kerja ada masalah dengan orang lain, orang Jawa tidak langsung menanggapi. Tetapi menyimpannya dalam hati dan mencari jalan agar selesai dengan sendirinya. Dalam kata lain, orang Jawa tidak terlalu suka konflik terbuka. Lebih memilih perang gerilya..

Apa lagi ya kelebihan orang Jawa ?? 
Silakan menambahkan... 
Bagikan ini agar orang Jawa makin terkenal dan menjadi pelajaran bagi suku lainnya ^_^ 

0 Response to "Kenapa Orang Jawa Banyak Yang Sukses? Ini 8 Kelebihan Orang Jawa.."

Posting Komentar