Bosan Ke Puncak? Ke Guci Indah Tegal Aja..



Bagi warga Jakarta dan Jabodetabek, jika musim libur tiba, sudah tidak asing lagi dengan Puncak Bogor dengan segala keindahan dan kemacetannya. Buka tutup jalan, Villa, Masjid Atta’awun, atau Taman Safari. Jika bosan dengan Puncak? Ada yang juga menarik di Tegal Jawa Tengah sana. Objek Wisata Guci Indah namanya.

Agak jauh memang, tapi dengan adanya Tol Cikopo Palimanan menjadi lebih cepat waktu tempuhnya. Atau memilih transportasi kereta api, banyak pilihan menuju Tegal. Dari kelas ekonomi hingga eksekutif. 

tegal



Guci Indah adalah objek wisata yang terletak di kaki Gunung Slamet. Tepatnya pada ketinggian kurang lebih 1.050 meter diatas permukaan laut, di Desa Guci Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. dari pusat Kota Slawi Kabupaten Tegal berjarak ± 30 KM sedangkan dari Kota Tegal berjarak sekitar 40 KM.

Ada air terjun dan kolam-kolam pemandian air panas di lokasi wisata ini. Pemandian air panas sendiri adalah air panas alami yang berasal dari dalam gunung. Di sekitar lokasi ada banyak penginapan dengan tarif beragam. Dari yang berkelas hotel berbintang hingga penginapan murah yang dimiliki warga. 

Air yang mengalir dari pancuran-pancuran di obyek wisata ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit seperti rematik, koreng serta penyakit kulit lainnya, khususnya Pemandian Pancuran 13 yang memang memiliki pancuran berjumlah tiga belas buah.

wisata di tegal


Ada sekitar 10 air terjun yang terdapat di daerah Guci. Di bagian atas pemandian umum pancuran 13, terdapat air terjun dengan air dingin bernama Air Terjun Jedor. Dinamai begitu karena dulu tempat di sekitar air terjun setinggi 15 meter itu adalah milik seorang Lurah yang bernama Lurah Jedor. Untuk berkeliling di sekitar obyek wisata dapat dilakukan dengan menyewa kuda dengan tarif sewa yang relatif murah.

Untuk menikmati air panas pun ada banyak pilihan. Bisa dinikmati di alam terbuka bercampur baur dengan pengunjung lainnya, atau anda bisa juga menyewa kamar-kamar tertutup dengan bath tub didalamnya. 

Cara Menuju Lokasi 

Yang paling seru untuk menuju lokasi, jika anda datang tanpa anak-anak kecil, maka pilihan kendaraan yang lebih seru adalah dengan menggunakan kendaraan umum. Dari pusat Kota Tegal anda bisa naik bis tujuan Bumiayu atau yang mengarah ke selatan. Turun di Simpang Tiga setelah melewati Kecamatan Lebaksiu. Atau bisa juga naik minibus langsung dari Tegal ke Kecamatan Bumijawa. Setelah sampai Simpang Tiga itu, jalanan berkelok naik turun khas pegunungan. Jalanannya sudah beraspal. Di kanan kiri masih terlihat perkebunan bawang atau tebu. Sampai di desa Tuwel, melanjutkan ke Guci dengan kendaraan bak terbuka. Disini lebih asyik lagi karena anda akan langsung berinteraksi dengan angin pegunungan. 

Mitos/ Legenda

Keberadaan objek wisata Guci tidak lepas dari mitos atau legenda. Objek wisata ini biasanya lebih ramai dikunjungi saat malam Jumat kliwon. Banyak orang yang ngalap berkah. Konon, kalau mandi pada pukul 12 malam dengan memohon sesuatu, permohonan apapun akan dikabulkan. Kepercayaan ini sudah turun-temurun.

guci indah tegal


Diceritakan air panas Guci adalah air yang diberikan Walisongo kepada orang yang mereka utus untuk menyiarkan agama Islam di jawa Tengah bagian barat di sekitar Tegal. Karena air itu ditempatkan di sebuah guci (poci), dan berkhasiat mendatangkan berkat, masyarakat menyebut lokasi pemberian air itu dengan nama Guci. Tapi karena air pemberian wali itu sangat terbatas, pada malam Jumat Kliwon, salah seorang sunan menancapkan tongkat saktinya ke tanah. Atas izin Tuhan, mengalirlah air panas tanpa belerang yang penuh rahmat ini.


Ekonomis So Pasti 

Jika dibandingkan dengan objek wisata di Jawa Barat dengan fasilitas dan keindahan serupa. Berwisata ke Guci Tegal lebih ekonomis. Biaya hotel, penginapan, tiket masuk hingga makanan atau oleh-oleh yang ditawarkan oleh pedagang lebih mudah dijangkau. Untuk air panas sendiri, selain bisa dinikmati di tempat pemandian, juga dialirkan ke kamar-kamar hotel dan penginapan. Tertarik mengunjungi keindahan berwisata di kaki gunung Slamet?? Ayo ke Guci ^_^

0 Response to "Bosan Ke Puncak? Ke Guci Indah Tegal Aja.."

Posting Komentar