Inilah 7 Tips Aman Belanja Online


Belanja online kini semakin marak dan digandrungi masyarakat. Hal ini terbukti dengan semakin berkibarnya website-website belanja seperti bukapalak.com, tokopedia.com atau olx.com. Tak hanya itu, kini bahkan ada toko offline yang mulai merambah online dengan bendera  MatahariMall.com

online shoping


Selain nama-nama besar diatas tentu masih banyak lagi toko online yang beroperasi di Indonesia. Dari yang berbentuk website, blog hingga yang masih sekedar akun facebook atau twitter.

Selain menawarkan kemudahan, belanja online juga mendatangkan resiko yang cukup tinggi. Bagaimana agar terhindar dari resiko tersebut? Inilah 7 tips aman belanja online:

1. Cari Pendapat Orang Lain Soal Toko Online yang Dituju 

Coba lakukan riset kecil-kecilan. Coba ketik nama toko online yang dimaksud di mesin pencari Google. Cari ulasan atau pendapat orang lain atas toko online itu. Periksa juga apakah ada nomor telepon yang bisa dihubungi jika akan melakukan komplain.

2. Pastikan Toko Online nya Aman

Ketika melakukan transaksi online, kadang pembeli diminta mengisi data-data pribadi. Ada beberapa cara untuk meminimalisir kebocoran informasi. Diantaranya dengan memastikan website toko online tersebut aman. Salah satunya, anda coba pastikan ada tambahan huruf “s” pada alamat URL.
Website yang aman untuk belanja online akan diawali dengan https:// (Hypertext Transfer Protocol Secure), sementara laman yang belum terjamin keamanannya biasanya berawalan http://.


3. Lindungi Data Pribadi Anda

Ini penting! Jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan kalau pengelola web belanja online itu boleh memberikan data pribadi ke pihak lain.

4. Baca Kebijakan Pengembalian Barang

Karena tidak melihat langsung fisik barang, seringkali terjadi kekecewaan saat bertransaksi online. Warna tidak sama dengan gambar barang, ukuran, bahan bahkan ada yang mendapatkan barang yang sudah rusak.

Jadi, jangan lupa baca kebijakan pengembalian barang jika tidak sesuai dengan pembelian. Apakah barang diganti dengan yang sesuai atau uang dikembalikan.

5. Curigai Barang Mahal yang Dijual dengan Harga Sangat Murah

Selalu waspada! Jangan tergiur dengan promo barang mahal yang dijual dengan harga yang jauh lebih rendah dari pasaran. Hal ini banyak terjadi pada barang elektronik seperti telepon genggam. Jika ada yang menawarkan dengan harga yang sangat jauh lebih murah, itu satu tanda penipuan.


6. Pilih Cara Pembayaran

Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit. Dengan kartu kredit, Anda punya bukti kuat kalau Anda sudah melakukan transaksi kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan, namun hati-hati juga dengan pencurian data kartu kredit.

Nah! Sekarang lebih banyak pilihan pembayaran seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD.


7. Simpan bukti transaksi

Termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara Anda dengan penjual.

Demikian...
Informasi ini gratis untuk dishare... ^_^

0 Response to "Inilah 7 Tips Aman Belanja Online"

Posting Komentar