Abad Informasi, Mantap! Facebooker Indonesia Nomor 3 di Dunia



Ini abad informasi. Setiap detiknya, informasi berseliweran dari banyak tempat ke tempat lainnya. Seseorang tak perlu lagi menunggu jam tayang berita di televisi atau menunggu radio mengudara dan suara sang pembawa berita terdengar di telinga. Kini, kita juga tak perlu terlalu lama menyalakan computer lalu menyambungkannya ke jaringan internet. 

Kini cukup membuka gadget, terisi pulsa dan paket internet, lantas segala macam informasi bisa didapatkan dalam hitungan detik. Dimanapun dan kapanpun, saat bersenda gurau bersama keluarga. Saat meeting dengan boss di tempat kerja, bahkan saat di kamar mandi atau hendak bercinta sekalipun.

Inilah abad informasi. Pesawat Malaysia jatuh di Ukraina, asap menyelimuti Palangkaraya, artis Korea yang sedang naik daun, Lionel Messi telat bayar pajak, Cristiano Ronaldo telat bikin gol, Jokowi selfie hingga Ridwan Kamil perang kata-kata dengan Ahok, semuanya tinggal klik. Beres!

Apa itu informasi ?

Ternyata kata informasi berasal dari Bahasa Perancis kuno yaitu Informacion (1387) yang mengambil istilah dari bahasa Latin yaitu Informationem yang artinya "konsep, ide atau garis besar".

Sedangkan menurut para ahli bahasa, Informasi adalah:

  1. Abdul Kadir, McFadden dkk. Mereka mendefiniskan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga mampu meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.
  2. Azhar Susanto didalam bukunya yakni Sistem Informasi Akuntansi, menyatakan bahwa informasi merupakan hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat tertentu.
  3. Burch & Strater mengemukakan bahwa informasi merupakan proses pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan sebuah pengetahuan atau keterangan.
  4. George R. Terry menjelaskan informasi sebagai data yang terpenting untuk memberikan pengetahuan yang bermanfaat.
  5. Jogianto dalam bukunya yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi, mengemukakan informasi sebagai data yang diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih bermanfaat bagi yang menerima informasi.
  6. Lani Sidharta mendefinisikan informasi sebagai data yang diberikan dalam bentuk yang lebih berguna untuk membuat sebuah keputusan.
  7. Menurut Anton M. Meliono informasi merupakan suatu data yang sudah diproses untuk tujuan tertentu. Dimana tujuannya ialah agar menghasilkan suatu keputusan.
  8. Menurut George H. Bodnar informasi merupakan data yang diolah sedemikian ruppa, sehingga bisa dijadikan dasar dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat dan benar.
  9. Menurut Tata Sutabri, menjelaskan bahwa informasi ialah data yang diolah / diinterpretasikan untuk mengambil sebuah keputusan.
  10. Menurut Gordon B. Davis, informasi yakni suatu data yang sudah dikerucutkan menjadi sebuah bentuk yang sangat berarti bagi si penerima informasi dan berguna dalam pengambilan keputusan. 
  11. Menurut Jogiyanto HM., menyatakan informasi sebagai hasil dari pengolahan data kedalam bentuk yang lebih bermakna dan bermanfaat bagi penerimanya dan menggambarkan suatu peristiwa – kejadian (event) yang real (fact) yang digunakan untuk mengambil keputusan.
  12. Raymond Mc.leod menjelaskan informasi sebagai data yang diolah menjadi bentuk yang memiliki arti penting bagi penerimanya dan berguna untuk pengambilan keputusan, baik saat itu juga maupun masa yang akan datang.

Apapun itu, inilah abad informasi, ketika gadget terus berkembang dan semakin canggih. Disisi lain, keterkoneksian masyarakat Indonesia terhadap dunia media sosial pun cukup tinggi. Saat ini Indonesia tercatat sebagai Negara ketiga pengguna facebook tertinggi di dunia, setelah Amerika Serikat dan India yang menduduki peringkat kedua. 



Dan…

Untuk urusan akses, ternyata jika dilihat dari urusan penetrasi, facebooker Indonesia menjadi yang tertinggi di dunia yang menggunakan facebook mobile alias mengakses dari gadget atau telepon genggam.

Nah! Sekali lagi, selamat dating di dunia informasi. Karena itulah blog ini dibuat. Punya informasi? Inpoinsaja disini…

22/10/2015
admin 




1 Response to "Abad Informasi, Mantap! Facebooker Indonesia Nomor 3 di Dunia "