Apa itu GATAFAR..?? Ormas Yang Diduga Sesat..! Ini Penjelasannya…



Inpoinsaja – GATAFAR atau Gerakan Fajar Nusantara tiba-tiba diperbincangkan banyak orang. Tak tanggung-tanggung, Ketua Umum Ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) KH Said Aqil Siroj menyebut kelompok GATAFAR yang sedang ramai dibicarakan sebagai aliran sesat dan berbahaya.

"Ini kelompok berbahaya yang bisa menyesatkan saudara-saudara kita. Oleh karena itu, kita selalu menjaga warga NU dari berbagai ancaman jenis teroris, dan kyai-kyai NU juga selalu membimbing masyarakat agar mengarahkan kepada Islam yang berakhlak, beradab dan berbudaya," katanya seperti dikutip dari Antara, Selasa (12/1). 

gerakan fajar nusantara



Lalu, pada kesempatan berbeda, Kadivhumas Polri Irjen Anton Charliyan di Mabes Polri Jakarta menduga organisasi Gafatar mengandalkan prinsip kasih sayang dan anti kekerasan untuk menarik minat masyarakat agar bergabung dengan organisasi mereka.

"Mereka menggunakan asas kasih sayang dan anti kekerasan. Ini kedok mereka dengan menawarkan keringanan-keringanan dalam melaksanakan ibadah sehingga menarik bagi mereka yang enggan beribadah sesuai syariat Islam," katanya.

Dilihat dari website resminya, www.gatafar.org, organisasi ini dipimpin oleh seseorang bernama Mahful M. Tumanurung dan dideklarasikan pada 21 Januari 2012 di gedung JIEXPO Kemayoran. Tidak ada kecurigaan berlebih pada saat deklarasi karena menghadirkan budayawan seperti Sujiwo Tejo dan Taufik Ismail. Visi misinya pun cukup menarik sebagai berikut:

V i s i

Terwujudnya tata kehidupan masyarakat, bangsa dan negara yang damai sejahtera, beradab, berkeadilan dan bermartabat di bawah naungan Tuhan Yang Maha Esa melalui penyatuan nilai-nilai luhur bangsa, peningkatan kualitas ilmu dan intelektualitas, serta pemahaman dan pengamalan nilai-nilai universal agar menjadi rahmat bagi semesta alam.

M i s i

Memperkuat solidaritas, kebersamaan, persatuan, dan kesatuan khususnya antar sesama elemen bangsa Indonesia serta dunia pada umumnya. Selain itu, juga memupuk saling pengertian dan kerja sama antar sesama lembaga yang memiliki kepedulian dan perhatian terhadap upaya perdamaian dan kesejahteraan dunia.

Beberapa kalangan menilai, banyak yang tertarik mengikuti Gatafar karena asas kasih sayangnya itu. Yang patut disayangkan, jika Gatafar telah lama ada dan banyak orang yang menjadi korban dan menghilang, kenapa tidak pernah diblow-up kesesatannya atau ancamannya terhadap keamanan Indonesia? Kenapa hanya ISIS saja yang di blow up??

Dilansir Okezone berdasarkan pengakuan dokter Aditya Akbar Wicaksono, suami dari dokter Rica Tri Handayani yang dinyatakan hilang sejak 30 Desember 2015 lalu, istrinya itu pernah terlibat aktif dalam organisasi yang disebut-sebut sebagai metamorfosa dari kelompok Millah Abraham dan Al-Qiyadah Al-Islamiah, yang pahamnya menyimpan dari ajaran Islam.

Berbagai ajaran kontroversial diterapkan dalam organisasi ini, di antaranya pengikutnya tidak dianjurkan salat lima waktu, yang notabene menjadi kewajiban umat Islam.

Selain tidak mewajibkan ibadah salat, Gafatar juga tidak mewajibkan pengikutnya melaksanakan puasa, membayar zakat dan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah Al-Mukarromah. Mereka bahkan berpandangan, bagi siapa saja yang melaksanakan rukun Islam tersebut termasuk dalam komunitas orang kafir.

Nah! Korban sudah banyak, meresahkan masyarakat. Kepolisian juga telah buka suara. Mendagri menyatakan organisasi ini tidak terdaftar. Jadi tunggu apalagi??


0 Response to "Apa itu GATAFAR..?? Ormas Yang Diduga Sesat..! Ini Penjelasannya…"

Posting Komentar